Jalan-jalan Ke Bandung Belum Pas Kalau Belum Ke Teras Cihampelas

28 May 2017

Teras Cihampelas Bandung (Dok. Pribadi)

Bandung memang menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat. Kini berbagai obyek wisata buatan semenjak Walikotanya Kang Ridwan Kamil semakin menarik untuk dikunjungi tidak hanya dari luar provinsi tetapi juga dari provinsi yang sama yakni Jawa Barat.

Beberapa waktu yang lalu saya dan kawan-kawan berkesempatan untuk menikmati Teras Cihampelas atau istilah kerennya Skywalk Cihampelas. Kenapa disebut Skywalk?, Karena jalannya bukan darat biasa melainkan di atas seperti jalan laying tetapi ini khusus pejalan kaki maka disebut Skywalk.

Foto dengan Ridwan Kamil (Dok. Pribadi)

Lokasi jalan ini terletak di Jalan Cihampelas diantara deretan toko pakaian, makanan dan hotel yang berdiri megah di kanan kiri jalan tersebut. Untuk masuk ke jalan ini memang parkirnya agak susah terutama kendaraan berbadan besar seperti bus tapi tenang banyak tukang parkir disini yang sigap membantu pengunjung yang ingin menikmati keindahan kota Bandung.

Tempat duduk di Teras Cihampelas (Dok. Pribadi)

Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Di salah satu ujungnya Anda akan melihat foto Ridwan Kamil dengan frame Instagram yang menarik untuk foto selfie atau foto bareng dengan teman atau keluarga.

Pedagang kaos di Teras Cihampelas (Dok. Pribadi)

Setelah itu Anda bisa menyusuri jalan tersebut yang memang dikhususkan untuk pejalan kaki dan pedagang kaki lima yang dulunya memenuhi jalan Cihampelas. Pemerintah Kotamadya Bandung berbaik hati memindahkan pedagang kaki lima tersebut diberi tempat di Teras Cihampelas tanpa dipungut bayaran.

Pedagang makanan khas Bandung (Dok. Pribadi)

Mereka diberi tempat di Skywalk tetapi untuk satu KK (Kepala Keluarga) hanya diperbolehkan memiliki satu kios untuk berjualan. Berbagai macam pedangan ada di tempat ini dari yang menjual pakaian, aksesoris, serta makanan dan minuman khas Bandung pun tersedia disini.

Toilet di Teras Cihampelas (Dok. Pribadi)

Walaupun panjang Teras Cihampelas hanya sekitar 500m tetapi pengunjung sangat menikmati tempat ini, karena bisa duduk santai karena ada beberapa tempat duduk, ada toiletnya walaupun pas kesana airnya habis serta ada lift untuk penyandang disabilitas.

Pemandangan dari Teras Cihampelas (Dok. Pribadi)

Di Teras Cihampelas juga bisa melihat pemandangan bukit dan bangunan kota Bandung. Tempat ini cocok dikunjungi pada saat pagi, sore dan malam hari. Teras Cihampelas dibuka dari jam 8  hingga pukul 22.00 tetapi pada hari Sabtu malam Minggu dibuka sampai pukul 23.00.

Tersedia alat pemadam kebakaran di Teras Cihampelas (Dok. Pribadi)

Pemerintah Kotamadya Bandung sudah menyiapkan beberapa tabung pemadam kebakaran di tempat ini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk kebakaran. Ditempat ini terdapat pula tempat sampah di beberapa sudut Teras Cihampelas untuk kebersihan tempat ini.

Nah rasanya belum pas jika jalan-jalan ke Bandung belum mengunjungi Teras Cihampelas yang kini menjadi obyek wisata baru di Kota Bandung.


TAGS Pesona Bandung wisata Genpi Pesona Indonesia


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post