Komunitas Blogger Indramayu Goes To Village

11 Jan 2017

Sesi foto bareng setelah pelatihan blog di Pendopo Indramayu

Komunitas Blogger Indramayu terbentuk sejak tanggal 28 Oktober 2013, komunitas berdiri karena banyaknya minat pelajar terhadap dunia blog tetapi belum ada wadahnya. Komunitas ini didirikan oleh saya (Didno), bersama Fery Hadriyan, dan Dimas Hartono, Nurtanio Ramadhan dan kawan-kawan yang saat itu masih duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Komunitas ini berdiri karena keinginan dari blogger Indramayu yang ingin menginformasikan kepada masyarakat tentang hal-hal yang positif dari Indramayu melalui dunia maya khususnya blog. Komunitas Blogger Indramayu terbuka bagi siapa saja khususnya blogger atau onliner yang lahir di Indramayu, tinggal di Indramayu atau blogger yang peduli dan ketertarikan terhadap Indramayu walaupun tinggal di luar Indramayu.

Pembentukan Komunitas Blogger Indramayu

Kalau selama ini banyak Komunitas Blogger yang ingin dikenal namanya di level nasional bahkan internasional tetapi berbeda dengan Komunitas Blogger Indramayu yang justru ingin memperkenalkan blog ke kampung-kampung atau kalau Bahasa kerennya “Goes To Village”.

Pelatihan Blog Untuk Guru

Pertama yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan blog dari sekolah ke sekolah khususnya pelajar, kemudian berlanjut mengadakan pelatihan untuk para guru. Setelah itu mengadakan pelatihan blog untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang ada di Indramayu.

Pelatihan blog berbayar tetapi dipenuhi oleh peserta

Bahkan pelatihan pembuatan blog untuk kalangan guru dan masyarakat umum yang mempunyai ketertarikan dalam dunia tulis menulis pernah diadakan di lingkungan pemerintahan dengan tempat di Pendopo Kabupaten Indramayu.

Workshop Blog di Kampus AMIK Purnama Niaga Indramayu

Beberapa hari sebelum penghujung tahun 2016 kami mulai menyasar pengenalan blog ke kalangan mahasiswa. Salah satu perguruan tinggi yang ada di Indramayu yakni AMIK Purnama Niaga Indramayu menggelar Workshop IT Preneur yang membahas tentang dunia blog.

Kini di tahun 2017 Komunitas Blogger Indramayu akan terus memperkenalkan blog kepada masyarakat di desa-desa. Pada bulan ini tepatnya tanggal 15 Januari 2016. Komunitas Blogger Indramayu akan acara berbagi manfaat ngeblog kepada para pemuda-pemudi yang ada di desa Majasari. Desa Majasari adalah desa yang meraih predikat sebagai juara pertama Lomba Desa Tingkat Nasional 2016.

Pelatihan Blog di Desa Majasari

Kepala Desa bersama aparatur desanya dengan adanya pelatihan blog yang akan diadakan di desanya ini diharapkan para pemuda dan pemudi yang ada di desa tersebut bisa menghasilkan dari dunia internet salah satunya melalui ngeblog.  

Rencananya tidak hanya di satu desa tetapi di beberapa desa. Dengan kegiatan pelatihan blog ini diharapkan akan semakin banyak blogger-blogger yang menuliskan konten-konten positif tentang Indramayu yang secara otomatis akan menaikkan citra positif tentang Indramayu.

Beberapa kali Komunitas Blogger Indramayu mengadakan lomba blog untuk blogger seluruh Indonesia. Lomba ini tidak lain untuk menambah konten positif tentang Indramayu. Seperti Lomba Blog Indramayu Kota Wisata, dan Indramayu Kota Budaya.

Lomba Blog Indramayu Kota Budaya

Komunitas Blogger Indramayu juga terus bergerak memberdayakan anggotanya dengan berbagai kegiatan selain pelatihan blog, kami juga sering mengadakan kopdar blogger untuk membahas berbagai hal salah satunya adalah program pembuatan berbagai aplikasi yang bisa diterapkan di Indramayu.

Kami juga terus merangkul berbagai pihak termasuk baik dari pihak pemerintahan maupun dengan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang ada di Indramayu karena targetnya adalah bisa mengonlinenya para pelaku UKM agar produk dan jasanya akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Logo Komunitas Blogger Indramayu

Selain itu tentunya kami mempunyai tugas dan tantangan yang sangat berat untuk menghancurkan konten-konten negatif tentang Indramayu. Tetapi tugas ini akan semakin ringan jika dilakukan bersama-sama oleh para blogger yang tergabung dalam Komunitas Blogger Indramayu.


TAGS pestakomunitas2017


Comment
-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post