Nyesel Datang Ke Embung Nglanggeran

10 Jan 2017

Embung Nglanggeran

Benar-benar Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta ternyata menyimpan sejuta pesona. Selain deretan pantainya yang eksotik, kumpulan goa-goa yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit, bukitnya yang indah dan sungainya yang membuat seru saat arung jeram. Ternyata mempunyai pesona yang lain yakni Embung Nglanggeran.

Embung Nglanggeran merupakan telaga atau kolam buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan buah atau sawah petani terutama pada saat musim kemarau.

Foto dengan latar belakang Gunung Purba

Embung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Embung Ngalanggeran ini di resmikan pada tanggal 19 Februari 2013 lalu oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.   

Jalan masuk ke obyek wisata ini tergolong sempit hanya cukup untuk mobil berukuran kecil untuk mobil bus hanya cukup untuk satu jalur kalau pun ada mobil bus berukuran kecil. Tetapi jika sudah sampai di tempat ini Anda akan merasakan luasnya.

Di obyek wisata Embung Nglanggeran mempunyai tempat parkir yang luas bisa menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor. Di sekitar lokasi parkir Anda akan menemukan sebuah gunung yang dikenal dengan gunung Purba.

Untuk menuju ke Embung Nglanggeran Anda harus menaiki berpuluh-puluh tangga agar sampai di sekitar Embung Ngalanggeran. Tetapi saat sudah sampai di atas Embung Nglanggeran Anda akan merasakan keindahan dari embung ini.

Keindahan dari bukit di sekitar Embung Nglanggeran

Di sekitar tangga menuju ke Embung Nglanggeran terdapat banyak tanaman buah-buahan yang ditanam oleh pengelola Embung Ngalanggeran seperti buah lengkeng, pisang dan lain sebagainya.

Hamparan hijau dedaunan dan lekukan bukit-bukit di sekitarnya sangat indah dipandang mata. Ada beberapa saung atau gazebo untuk tempat berteduh untuk para pengunjung yang kelelahan setelah menaiki anak tangga yang cukup banyak ini.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan momen dan keindahan alam di Embung Nglanggeran untuk berswafoto atau berwefie ria bersama teman dan orang-orang tercinta. Semilir angin dan hawa yang sejuk menambah kenyamanan saat berada di atas Embung Nglanggeran.

Selain untuk tempat wisata, di Embung Ngalanggeran juga sering dijadikan tempat berkemah oleh para remaja atau anak sekolah. Selain karena lokasinya yang indah juga karena medannya yang cocok untuk para petualang.

Itulah keindahan Embung Nglanggeran yang kini menjadi obyek wisata baru yang menarik dan banyak dikunjungi di Gunung Kidul Yogyakarta. Nyesel banget kalo ke Yogyakarta gak datang ke tempat ini.  Silakan lihat videonya di bawah ini : 


TAGS Pesona Gunung Kidul Pesona Yogyakarta


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post