Gara-gara Macet Akhirnya Terdampar Ke Pantai Ngrenehan

5 Jan 2017

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Beberapa hari yang lalu saat long weekend saya bersama rekan-rekan berkunjung ke Gunung Kidul Yogyakarta. Setelah puas menikmati keindahan Goa Gelatik, Goa Pindul dan arum jeram di Sungai Oyo kami melanjutkan perjalanan ke pantai-pantai yang menarik di Gunung Kidul.

Tapi apa yang dicita-citakan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Sebelum pintu masuk ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul antrian kendaraan di pintu masuk sudah mengular. Karena melihat kondisi sudah tidak bisa bergerak bahkan untuk masuk ke Pantai Baron sekali pun kami tidak bisa.

Macet di pintu masuk dekat Pantai Baron

Akhirnya kami memutuskan untuk mencari obyek wisata lain, karena tahun lalu kami sudah mengunjungi pantai Baron, Kukup dan Indrayanti. Akhirnya kami memutuskan pantai yang belum dikunjungi seperti dalam petunjuk arah yakni Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan di Gunung Kidul.

Keindahan Pantai Ngrenehan

Berbekal petunjuk arah yang ada di pinggir jalan, akhirnya kami melintasi jalanan berkelok dan juga naik turun yang lumayan ekstrim. Jalur yang diambil sepertinya bukan jalur utama. Benar saja ternyata jalur yang dilintasi jalur alternatif tapi untung kami sampai dengan selamat di Pantai Ngrenehan.

Pantainya diapit kedua tebing karang

Sesampainya di lokasi kami langsung menuju ke Pantai Ngrenehan. Pantai ini sepertinya belum dikelola secara optimal sehingga belum tertata dengan baik, dari mulai ticketing, parkiran hingga sarana umum lainnya. Untuk tempat makan pun hanya ada beberapa rumah makan sayangnya semua dibuat dadakan sehingga tidak bisa langsung makan harus menunggu beberapa menit baru bisa makan.

Foto dipinggir pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan sekilas mirip dengan pantai Baron yang memang lokasiknya tidak begitu jauh. Di pinggir pantai terdapat perahu-perahu kecil milik para nelayan. Perahu tersebut ada juga yang digunakan untuk mengantar para pengunjung merasakan sensasi melaju di pantai selatan pulau Jawa ini.

Pasir pantai Ngrenehan berwarna krem keputih-putihan. Ini tidak lain karena sekitar pantai ini dikelilingi oleh tebing batu kapur. Pantai ini memang tidak bisa digunakan untuk berenang karena ombaknya yang tidak bisa diprediksi terutama anak-anak kecil.

Pasir pantai dan ombak di Pantai Ngerenehan

Pantai ini diapit oleh dua bukit yang terjal sehingga pengunjung hanya bisa berada di antara kedua bukit tersebut. Pengunjung yang datang pada liburan kali ini berasal dari berbagai daerah yang didominasi oleh mobil-mobil dari daerah lain seperti Jakarta, Bandung dan juga dari daerah Jawa Timur.

Para pengunjung hanya bisa bermain di sekitar tepi pantai atau berteduh di bawah payung warna-warni beralaskan tikar dengan menyewanya. Di pinggir pantai banyak orang yang berjualan dari rujak, es kelapa, hingga makanan khas pantai seperti udang goreng, ikan goreng dan hasil laut lainnya.

Pasir di Pantai Ngrenehan

Itulah keindahan pantai Ngrenehan yang terletak di Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yang menawan dan tidak terlalu banyak pengunjungnya sehingga cocok untuk menikmati pemandangan laut Gunung Kidul.


TAGS Pesona Yogyakarta Pesona Indonesia


Comment
-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post