Kreasi Olahan Makanan Laut Minahasa yang Bergizi Tinggi

28 Oct 2016

Masakan Khas Sulawesi Utara

Indonesia mempunyai berbagai destinasi wisata yang paling banyak dan menarik di dunia. Karena Indonesia memiliki berbagai tempat wisata seperti wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata hiburan kota, tempat bisnis dan berkumpul, tempat olahraga dinamis, relaksasi, taman hiburan dan obyek tamasya yang menarik.

Selain tempat wisata yang menarik, Indonesia juga memiliki daya tarik lainnya seperti budaya, religi, seni, kerajinan, sejarah, masyarakat, dan keindahan alam hayatinya. Sehingga menjadi buruan para pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Setiap daerah di Indonesia juga memiliki kuliner yang sangat banyak dan beragam dari yang rasanya manis, asin, asam, gurih dan lain sebagainya. Kuliner-kuliner tersebut tentu selain menjadi makanan pokok sehari-hari, tetapi ada juga makanan-makanan tertentu yang hanya diperuntukan saat acara khusus dan waktu tertentu.

Letak geografis juga terkadang mempengaruhi jenis makanan yang dimiliki oleh daerah tersebut. Kuliner orang yang tinggal di pesisir pantai tentu akan berbeda dengan orang yang tinggal di dataran tinggi atau pegunungan. Termasuk dari tata cara mengolah makanan tersebut.

Indonesia itu sangat luas sehingga untuk mengunjungi seluruh pelosok nusantara rasanya kita harus memiliki sepuluh nyawa. Karena untuk menikmati satu daerah saja kita membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga satu tahun. Belum lagi jika satu daerah tersebut memiliki obyek wisata bawah lautnya yang memesona maka kita membutuhkan waktu yang sangat lama lagi.

Banyak sekali obyek wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Beberapa diantaranya sudah menjadi destinasi wisatawan dari berbagai belahan dunia seperti Bali, Lombok, dan Raja Ampat. Padahal masih banyak obyek wisata di Indonesia yang tidak kalah dengan daerah tersebut. Salah satunya adalah Minahasa yang ada di Sulawesi Utara.

Taman Laut Bunaken (Foto : id.nusantara.com)

Obyek wisata yang menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara di Sulawesi Utara adalah Taman Laut Bunaken. Tempat wisata di Manado ini sangat terkenal ke seluruh dunia karena pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman laut ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Taman laut ini tidak mengherankan dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia karena biota laut yang ada di dalamnya sangat luar biasa. Di tempat ini kita bisa menemukan beragam bentuk terumbu karang dan ikan dengan warna-warni yang sangat indah.

Bukit Tomohon (Foto : Samratulangi-airport.com)

Bukit Tomohon, bukit ini dikenal juga dengan sebutan Bukit Kelong, Jalan Salib Mahawu, Kebun Raya Tomohon, Prayer Hill of Tomohon, atau Mahawu Payer Hill. Objek Wisata Alam dan Wisata Religi di Tomohon, Sulawesi Utara ini memiliki beragam pesona keindahan alam. Dari jalan mendaki yang berkelok-kelok, Anda juga bisa menikmati panorama Kota Manado dengan latar belakang laut dengan hamparan pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen. Deretan rumah makan yang menyajikan rupa-rupa makanan khas Minahasa.

Arung Jeram Timbukar (Foto : Samratulangi-airport.com)

Obyek wisata menarik lainnya adalah Arung jeram yang berada di desa Timbukar, Manado. Di tempat ini Anda bisa melatih adrenalin Anda dengan melakukan olahraga petualangan arung jeram yang cukup ekstrim dan menantang dengan pemandangan yang menawan. Dan tidak jauh dari tempat arung jeram ini, Anda juga bisa mencoba olah raga panjat tebing di desa Kilo Tiga.

Selain berbagai obyek wisata yang menarik di Sulawesi Utara, Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang akan menggoyang lidah dan menarik selera makan Anda. Salah satu kuliner yang tidak boleh ditinggalkan adalah Ikan Woku.

Ikan Woku (Foto : resepcaramasak.com)

Untuk membuat woku sendiri sebenarnya sangat mudah. Ikan Woku selain rasanya yang sangat khas karena perpaduan rempah-rembah dan daun-daunan yang mempunyai keunikan tersendiri seperti kemangi, daun jeruk, dan daun pandan.  Sehingga menjadikan olahan yang satu ini sangat pas sekali di lidah setiap orang Indonesia apalagi bagi Anda yang menyukai citarasa pedas.

Untuk membuat resep makanan Ikan Woku Belanga dibutuhkan beberapa bahan seperti Ikan kerapu yang sudah bersihkan dan potong-potong jadi 2 bagian, bawang merah 6 butir lalu diiris tipis-tipis, daun kemangi 5 tangkai, daun salam 2 lembar, daun jeruk nipis 3 lembar, daun pandan 1 lembar, daun kunyit 1 lembar, daun bawang 2 batang potong tipis, serai 1 batang lalu memarkan, jeruk nipis 2 buah lalu belah dan peras airnya. Kemudian tambahkan garam dapur halus 1 sendok teh untuk rendaman ikan, minyak goring 5 sendok makan untuk menumis dan air putih 250 ml.

Bahan-bahan lainnya seperti cabe rawit 15 buah, kunyit 3 cm, kemiri 4 butir, Jahe 3 cm, merica ½ sendok teh, garam dapur halus secukupnya.

Cara Membuat Ikan Woku Belanga Asli Manado cukup mudah yakni : Lumuri ikan kerapu dengan garam dan air perasan jeruk nipis, sisihkan sejenak sampai kira-kira meresap lalu bersihkan, Kemudian silahkan panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang merah dan bahan yang dihaluskan, tunggu sampai harum, Bila sudah mulai masukan daun salam, daun jeruk nipis, daun pandan,daun bawang dan daun kunyit, aduk sebentar.

Tambahkan air, dan biarkan sampai mendidih, Kemudian masukan ikan yang sudah disiapkan tadi, aduk perlahan agar ikan terendam, diamkan sampai matang, Sebelum di angkat silahkan anda masukan daun kemangi, aduk sebentar sampai agak layu, lalu angkat. Ikan woku belanga siap disajikan dalam mangkuk saji.

Olahan makanan Ikan Kowu Belanga ini tentu memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita. Ikan kerapu sendiri memiliki kegunaan agar terhindar dari penyakit jantung koroner serta kandungan asam lemaknya atau omega 3-nya mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Belum lagi bahan-bahan lainnya yang memiliki manfaat sangat baik untuk tubuh kita seperti kunyit yang bermanfaat untuk anti peradangan, pencegah kanker, meningkatkan anti oksidan, meningkatkan fungsi hati, mengurangi resiko leukimia, melindungi kardiovaskular, mencegah alzeimer, mencegah depresi dan lain-lain.

Selain kunyit ada jahe yang memiliki manfaat sangat banyak untuk tubuh manusia yakni melancarkan peredaran darah, perut kembung, mengobati migrain, demam dan batuk, mencegah perut buncit, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur bagi kaum wanita, membuat tubuh perkasa bagi kaum pria, dan lain sebagainya.

Sambal Roa (Foto : Resepcaramasak.com)

Selain Ikan Woku ada juga Sambal Roa masakan khas Manado yang terkenal di Sulawesi Utara. Sambal ini merupakan perpaduan antara suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan dan disangrai kemudian dicampur dengan tumisan bumbu halus khas sambal roa beserta bumbu lainnya.

Resep membuat sambal roa khas manado ini sebenarnya sederhana yakni hanya menggunakan bahan-bahan sebagai berikut Ikan roa 100 gram lalu dipanggang,  garam halus 1 sendok teh, gula pasir putih 1 sdt (sendok teh), tomat merah 1 biji iri-iris kecil, dan minyak sayur 50 cc.  

Bumbu yang digunakan untuk membuat Sambal Roa Manado adalah cabe merah 10 biji, cabe rawit merah 4 biji, bawang merah 10 biji, dan bawang putih 6 biji. Cara membuat Sambal Roa Manado adalah sebagai berikut :

Bersihkan ikan roa lalu panggang sampai matang, pisah-pisah bagian daging ikan roa panggang dengan cara dicubit-cubit kecil dan kemudian dihaluskan. Setelah itu masak daging ikan roa yang sudah dihaluskan di atas dalam wajan tanpa minyak sampai mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu.

Sementara itu, siapkan bumbu halus sambal roa, masak dengan cara ditumis hingga mengeluarkan aroma harum dan pastikan bumbu halus matang. Kemudian tambahkan tumisan dengan penyedap seperti gula, garam, irisan tomat serta daging ikan roa, aduk supaya tercampur merata, dan Sambal roa khas Manado saiap disajikan.

Kandungan gizi dan manfaat Ikan Roa sudah tidak diragukan lagi karena Ikan Roa memiliki kalori atau energi yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, selain itu Ikan Roa juga memiliki kandungan protein yang berguna untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan mempercepat penyembuhan luka.

Tomat pada sambal Roa memiliki manfaat yang banyak seperti untuk mengurangi kadar lemak, membentuk otot, mencegah kanker, penangkal radikal bebas, mencegah gigi kuat dan sehat, menyehatkan mata, mengontrol kolesterol, membuat jantung bekerja stabil, mengontrol gula darah dan masih banyak lagi lainnya.  

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Manado yang wajib dicoba karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Rasanya belum lengkap kalau belum datang secara langsung ke Sulawesi Utara. Bagi yang belum ke sana yuk kumpulin uangnya, bagi yang sudah pasti ingin datang lagi ke Sulawesi Utara.


TAGS kuliner Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Sarihusada Nutrisi Untuk Bangsa


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post