Berkunjung Ke Desa Agriwisata Nunuk Lelea Indramayu

4 Aug 2016

Desa Agriwisata Nunuk Lelea

Jika Anda melintas jalur pantura Indramayu ada banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti Pantai Eretan, Hutan Mangrove Karangsong, Pantai Bali (Balongan Indah), Pantai Tirtamaya, serta Taman Cimanuk yang berada di dekat majid Agung dan pendopo Kabupaten Indramayu.

Tetapi sebenarnya potensi wisata di Indramayu tidak hanya itu, ada juga agriwisata Desa Nunuk Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. Di tempat milik H. Urip ini banyak terdapat beberapa pembibitan buah-buahan dengan kualitas yang baik. Dari mulai rasa, masa tumbuhnya yang cepat hingga harga buah yang dihasilkannya.

Untuk menuju tempat Agriwisata Desa Nunuk Kecamatan Lelea Indramayu Anda bisa melalui jalur pantura belok ke kanan tepat di pertigaan Larangan kemudian menuju Lelea hingga sampai di Gapura Desa Nunuk tinggal belok ke kanan.

H. Urip Pengembang Bibit Mangga Agrimania

Lokasinya tidak jauh hanya berjarak sekitar 100 meter dari Jalan Larangan-Lelea-Tugu. Anda akan langsung menjumpai berbagai tanaman yang berjejer sepanjang jalan menuju ke Balai Desa Nunuk. Setelah sampai Anda bisa menemui pemiliknya yang bernama Pak H. Urip.

H. Urip ini terkenal karena berhasil melakukan pembibitan mangga khas yang rasanya manis, bentuknya yang menawan dan masa tumbuhnya cepat yakni Mangga Agrimania. Mangga ini beratnya bisa mencapai rata-rata 1 hingga 1,5kg per bijinya. Mangga Agrimania ini dijual perkilo Rp.100.000,- hingga Rp.150.000,- maka tidak heran mangga ini merupakan mangga termahal di Indonesia.

Mangga Agrimania

Mangga ini awalnya merupakan mangga yang dibeli oleh bapaknya sewaktu naik haji di Mekah Saudi Arabia. Tetapi setelah tumbuh besar ternyata rasa dan ukurannya melebihi sewaktu ia membelinya di Saudi Arabia. Rasanya manis legit, bentuknya menarik dan berukuran besar maka dia berinisiatif untuk melakukan pembibitan.

Sejak tahun 2013 H. Urip mulai melakukan pembibitan dengan menggunakan polybag. Pohon ini memiliki kelebihan yakni tinggi batangnya sedang, tidak mudah roboh walaupun diterpa hujan dan angin besar. H. Urip kemudian mendaftarkan paten mangga Agrimania yang ada di lingkungan rumahnya tersebut ke dinas pertanian dan peternakan provinsi Jawa Barat dengan nomor SKTDPBB Nomor 521.32/50/50 DISTASNAK.

Pohon Mangga Agrimania Induk

Sedari tahun 2013 H. Urip mulai melakukan pembibitan dengan menggunakan polybag. Pohon ini memiliki kelebihan yakni tinggi batangnya sedang, tidak mudah roboh walaupun diterpa hujan dan angin besar. H. Urip kemudian mendaftarkan paten mangga Agrimania yang ada di lingkungan rumahnya tersebut ke dinas pertanian dan peternakan provinsi Jawa Barat dengan nomor SKTDPBB Nomor 521.32/50/50 DISTASNAK.

Untuk satu bibit mangga Agrimania H. Urip menjualnya dengan harga Rp.75.000,- per polybag dengan tinggi sekitar 30 cm. Mangga-mangga tersebut siap dikirim ke seluruh penjuru Indonesia. Menariknya mangga Agrimania ini sudah bisa berbuah sekitar 3 tahun.

Bibit Mangga Agrimania

H. Urip kewalahan untuk memenuhi pesanan dari peminat mangga Agrimania tersebut. Apalagi baru-baru ini dia mengatakan bahwa dirinya menerima pesanan bibit mangga Agrimania sebanyak 5.000 pohon untuk Dinas Pertanian Jawa Barat.

Selain pembibitan pohon mangga Agrimania Nunuk, H. Urip juga mengembangkan berbagai bibit buah-buahan lain seperti buah lengkeng, buah srikaya, plum, jambu air, sawo, anggur, jeruk, kurma, dan lain sebagainya.

Buah-buahan yang ada di Desa Agriwisata Nunuk

Jika Anda penasaran silakan datang ke Agrowisata Agrimania Flora yang terletak di Desa Nunuk Kecamatan Lelea Indramayu. Anda pasti tertarik untuk membeli karena banyak buah-buahan yang walaupun masih pendek tetapi sudah berbuah. 

Berikut ini alamat :

AGRIMANIA FLORA
Jl. Raya Larangan - Tugu Km. 10 Desa Nunuk
Kecamatan Lelea - Indramayu
No. Hp. 085318889111

dan ini peta menuju desa Agriwisata Nunuk Lelea Indramayu : 

Peta Desa Agriwisata Nunuk Lelea


TAGS Pesona Indramayu Pesona Indonesia


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post