Wisata Cirebon Harus Didukung Oleh Tukang Becak Sadar Wisata

29 Apr 2016

Tukang Becak Sadar Wisata

Cirebon merupakan salah satu tujuan wisata utama di Jawa Barat yang kini semakin diminati. Selain karena memiliki perjalanan sejarah yang panjang, juga karena Cirebon memiliki obyek wisata yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Jawa Barat seperti peninggalan Wali Songo dan masih berdiri kokohnya Kesultanan Cirebon.

Wisata Cirebon sangat baik karena didukung oleh berbagai pihak seperti tersedianya sarana dan prasarana transportasi seperti Kereta Api, Pelabuhan laut dan sebentar lagi di operasikan pelabuhan udara internasional yang letaknya tidak terlalu jauh dari Cirebon.  

Di Cirebon juga sudah didukung oleh beberapa sarana transportasi seperti taxi dan penyewaan mobil dan bus pariwsiata yang akan mengantar wisawatan ke berbagai destinasi wisata yang ada di Cirebon dan sekitarnya seperti Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Selain itu yang menarik adalah Cirebon merupakan salah satu kota yang masih memperbolehkan beroperasinya becak. Moda transportasi yang menggunakan tenaga manusia ini sangat dibutuhkan baik oleh warga Cirebonnya sendiri atau wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Cirebon.

Saat ini banyak orang yang menggunakan transportasi becak untuk mengantarkannya ke tempat yang dituju atau mengantar barang ke tempat yang diinginkan. Transportasi ini banyak diminati oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Cirebon karena di kota yang lain sudah dilarang apalagi untuk wisatawan dari mancanegara, becak merupakan transportasi yang unik dan menarik yang tidak ada di negaranya.

Tapi tukang becak di Cirebon harusnya digandeng oleh Dinas Pariwisata Kota Cirebon untuk dijadikan pemandu wisata yang handal untuk mempromosikan obyek wisata atau potensi yang dimiliki oleh Cirebon termasuk tempat makan, pusat oleh-oleh dan lain sebagainya.

Oleh karena itu Dinas Pariwisata harus memberikan pelatihan tentang pengetahuan tentang tempat-tempat wisata yang menarik di Cirebon. Sehingga jika ada tamu dari daerah atau negara lain yang menanyakan tentang obyek wisata tersebut mereka sudah mengetahuinya.  

Mereka juga sekali-kali harusnya diberi pelatihan bahasa asing seperti Inggris dan Mandarin agar mereka bisa menjelaskan berbagai hal tentang Cirebon yang bisa dimengerti oleh wisawatan dari mancanegara.

Selain itu mereka juga diarahkan agar jangan sekali-kali mengambil keuntungan sesaat dengan menerapkan harga yang mahal karena wisawatan akan enggan datang kembali ke Cirebon dan bisa jadi dia akan memberitahukan kepada rekan-rekannya.

Saya tertarik dengan apa yang dilakukan oleh beberapa hotel di Kota Cirebon. Pengelola hotel bekerjasama dengan tukang becak. Jika ada tamu hotel yang ingin berkeliling Cirebon dengan menggunakan becak maka sang petugas akan memanggil tukang becak yang ada di sekitarnya. Mereka menerapkan harga yang wajar dan tidak mengambil untung sesaat.

Mudah-mudahan masukan ini bisa didengar oleh instansi terkait sehingga tukang becak di Cirebon semakin sejahtera untuk menghidupi anak dan isterinya. 


TAGS Pesona Cirebon


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post