Inilah Alasan Pertama Kali Saya Ngeblog

28 Mar 2016

Laskar Gerhana Matahari Detikcom | Sumber : Blogdetik.com

Tadinya saya tidak pernah tahu apa itu blog?. Tidak tahu bagaimana caranya membuat blog. Tapi bermodal komputer pinjaman dari teman dan membeli ponsel bekas yang masih ada sisa gratis internet selama tiga bulan, akhirnya pada bulan Maret tahun 2009 saya mulai belajar membuat blog dengan mencari materi blog dari mbah Google.

Awal mulanya saya membuat blog hanya untuk mencoba belajar menulis. Tetapi ditengah jalan karena niat untuk belajar menulis bertambah lagi karena profesi saya sebagai pendidik maka akhirnya saya memanfaatkan blog tersebut untuk menulis soal-soal latihan dan soal-soal ujian menjelang nasional tahun- yang sudah lewat. Karena momennya sangat tepat maka saya menulis beberapa soal untuk ujicoba para siswa.

Dari sekedar menulis biasa akhirnya mulai bersemangat dan menggelutinya secara serius, karena pengunjung ke blog saya semakin hari semakin banyak, dari yang awalnya hanya puluhan, terus meningkat hingga ratusan bahkan sampai ribuan. Kebiasaan ini akhirnya memacu saya untuk mengikuti lomba menulis yang diadakan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia cabang Cirebon pada bulan Nopember 2010.

Tidak disangka-sangka tidak dinyana ternyata tulisan saya berhasil meraih penghargaan sebagai juara pertama Lomba Cirebon Blogger Competition dan berhak atas hadiah sebuah netbook Axioo Pico. Awalnya tidak percaya tetapi setelah menerima telegram dari Telkom terdekat baru saya percaya bahwa itu bukan penipuan dan penyerahan hadiahnya pun dilakukan di kantor Telkom Cabang Cirebon bersama rekan-rekan blogger yang lainnya pada tanggal 22 Pebruari 2011 yang lalu.

Semakin hari saya semakin aktif ngeblog, yang awalnya hanya sebulan tiga kali, berubah menjadi seminggu tiga kali dan terus aktif hingga sekarang minimal satu hari satu postingan di blog pribadi. Selain posting di blog saya juga ikutan menjadi anggota salah situs pemeringkat blog-blog terbaik di Indonesia saat itu yakni Topseratus.com. Selama beberapa bulan akhirnya posisi blog saya masuk 5 besar sehingga jumlah pengunjung ke blog saya berjumlah ribuan.

Secara kebetulan karena peringkat blog saya sering menjadi nomor satu di Topseratus. Salah satu pimpinan perusahaan jasa konsultasi pendidikan dari Malaysia yakni APAC MLearning ibu Rani Wemel mengundang saya untuk mengikuti acara APAC (Asia Pasific) Mlearning di Hotel Hyatt Bandung. Ibu Wemel Cumavoo ini mengetahui bahwa saya selain sebagai blogger juga sebagai seorang guru, jadi saya diundang ke acara tersebut.

Di acara ini saya mendapat kesempatan belajar dari para pakar seperti para dosen dan rektor dari Asia Pasifik. Pembicara yang hadir pun tidak tanggung-tanggung adalah Prof. John Traxtler professor of Mobile Learning dari Universitas Wolverhampten Inggris, Dr. Serkan Toto Konsultan Web dan Industri Seluler Jepang dan Koresponden Techcrunch.com, Kashminder Singh CEO One World Solution dan masih banyak lagi lainnya.

Acara ini diikuti oleh dosen, rektor, vendor ponsel dan pengusaha telekomunikasi dari dalam dan luar negeri, mungkin hanya saya satu-satunya peserta APAC MLearning yang berprofesi sebagai guru dari Indramayu. Peserta lain untuk mengikuti acara ini harus membayar sebesar 200 dolar atau sekitar 2 juta, tapi saya mengikuti acara ini secara gratis hanya gara-gara saya rajin ngeblog.

Dengan penghargaan dan undangan konferensi dari luar negeri, saya semakin bersemangat Ngeblog dan mulai ajak murid-murid saya untuk belajar ngeblog. Saya tidak mau berpuas diri, dan mulai aktif untuk mengikuti kopi darat dengan teman-teman blogger tapi dari wilayah lain. Acara kopdar pertama yang saya ikuti adalah Idblogilicious di Jakarta pada tanggal 25 – 26 Juni 2011. Di acara ini saya mulai belajar Ngeblog sambil mendapatkan penghasilan bersama adsense lokal Idblognetwork atau disingkat IBN.

Baru sebulan belajar monetize blog dengan Idblognetwork, pada bulan Juli 2011 saya sudah mendapat Job Review salah satu mobil produksi dari Malaysia yaitu Proton Exora Star. Bagi yang belum tahu Job Review adalah pekerjaan menulis suatu produk atau jasa yang diulas oleh pemilik blog atau situs, yang nantinya pemilik blog atau situs tersebut akan mendapat bayaran.

Saya bersama rekan-rekan blogger lain diundang ke Jakarta untuk merasakan kemewahan mobil Proton Exora Star dari Gandaria City sampai ke Pekan Raya Jakarta. Di PRJ saya dan rekan-rekan disuruh melihat secara detil bagian-bagian mobil tersebut yang nanti akan diulas di blog masing-masing.

Tulisan itu ternyata dibayar dengan harga 1,2 juta oleh Idblognetwork dan Proton. Belum lagi dari Pay Per Klik atau setiap iklan yang di klik oleh pengunjung, kita pemilik blog akan mendapat bayaran, nilainya bervariasi dari Rp. 1.000,- sampai dengan Rp. 5.000/klik. Saya kaget apalagi uang tersebut masuk ke rekening bertepatan seminggu menjelang lebaran. Sungguh rejeki dari Allah dari cara yang tidak disangka-sangka, berkah dari rajin ngeblog.

Selain menulis di blog sendiri saya juga mendapat pesanan menulis di blog orang lain dengan bayaran bervariasi saat itu saya masih mau dibayar Rp.5.000,- sampai Rp.80.000,-/tulisan. Untuk menambah penghasilan saya, semua pekerjaan itu saya ambil untuk menafkahi anak dan istri. Tapi karena terkendala akses internet yang kurang baik saat itu, akhirnya saya harus mengakhiri semua kerjasama tersebut.

Bulan September 2011 saya ikut kopi darat lagi dengan teman-teman blogger, kali ini mengikuti acara Amprokan Blogger Nusantara 2011 di Bekasi. Disini saya belajar bersosialisasi dengan blogger lain yang sudah ahli berasal dari berbagai wilayah seperti Jogja, Tangerang, Madura, Jakarta, Bogor, Sumatera, Maluku, Kalimantan dan blogger daerah lainnya. Disini kita bisa berbagi tips dan pengalaman mengenai cara menarik pengunjung ke blog kita, cara mendapatkan penghasilan dari adsense lokal selain IBN dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah acara itu saya semakin fokus mengurus blog sendiri, untuk meningkatkan trafik pengunjung ke blog saya, saya mulai aktif berbagi tulisan saya dengan situs-situs berita online seperti Viva dan Lintas.me. Selain itu ada ilmu bagaimana cara menarik pengunjung ke blog kita yaitu melalui jejaring sosial Facebook dan Twitter, serta berkunjung ke blog orang lain.

Di akhir bulan Oktober 2011 saya mengikuti acara kopi darat blogger, kali ini saya mengikuti acara Blogger Nusantara yang diadakan di Sidoarjo Jawa Timur. Walaupun lokasinya jauh tetapi saya penasaran ingin mengikuti acara ini karena dihadiri oleh pembicara ternama seperti Willis We dari Penn-Olson sekarang jadi Techinasia, dan Mr. Vinny dari Google, Valencia dari Blood4life dan masih banyak pembicara lainnya.

Di acara ini saya mulai berkenalan dengan blogger-blogger dari wilayah lain. Karena acaranya menginap bersama di GOR Sidoarjo, saya bisa kenal dengan penulis buku, pembuat vector, guru, penyiar radio dan beragam profesi yang mereka geluti selain tentunya sebagai blogger. Saya juga akrab dengan teman dari Sidoarjo yang mengajak saya dan teman-teman blogger lainnya melihat keadaan sesungguhnya bencana alam yang diakibatkan dari Lumpur Lapindo.

Bulan November 2011 saya mendapat job review kedua dari Idblognetwork. Kali ini produk yang direview adalah Sony Handycam dengan projector. Tulisan ini mendapat bayaran Rp.800.000,-/tulisan. Lumayan pendapatan sampingan dari ngeblog bertambah lagi, belum lagi tambahan penghasilan dari adsense lokal yang saat itu sedang tren yakni Sittizen.sitti.co.id yang mulai menampakkan hasilnya.

Kebahagian selain mendapatkan penghasilan dari blog,  tiba-tiba pada bulan Nopember 2011 saya diundang oleh ASEAN Blogger untuk mengikuti acara konferensi Blogger se-ASEAN di Kuta Bali. Saya dan rekan-rekan blogger dari daerah di Indonesia bersama rekan-rekan blogger negara ASEAN bertemu dan berkonferensi di Museum Pasifika membahas permasalahan blogger di negaranya masing-masing. Acara ini dibuka oleh Menkominfo saat itu yakni Bapak Tifatul Sembiring dan dihadiri oleh sekitar 150 peserta dari Indonesia dan negara ASEAN lainnya.

Selain berkonferensi saya dan teman-teman blogger diajak berwisata ke Pantai Kuta dan Monumen Garuda Wisnu Kencana dan tempat lainnya. Selama di Bali saya dan rekan-rekan blogger menginap di Hotel Pop Harris dan semua biaya akomodasi seperti penginapan, makan dan tiket pesawat terbang semuanya ditanggung oleh panitia ASEAN Blogger.

Untuk menambah wawasan ngeblog, pada awal bulan Desember 2011 saya mengikuti acara ON|OFF atau dulunya bernama Pesta Blogger di Jakarta. Di acara ini seharusnya peserta yang datang membayar tiket masuk, tetapi karena saya akrab dengan Chairwomen acara ON|OFF sewaktu acara ASEAN Blogger, saya masuk ke acara ini tanpa harus membayar alias. Di acara ini saya bertemu lagi dengan teman-teman blogger yang baru seperti dari Blogger Bogor, Tangerang, Bandung dan wilayah lainnya. Ilmu mengenai blog dan bersosialisasi dengan komunitas dan blogger lain bertambah lagi.

Selama bulan Desember 2011 saya mendapat beberapa kebahagian yakni  berupa hadiah dari berbagai lomba menulis yang saya ikuti. Salah satunya sebagai Juara ketiga lomba Semi SEO dengan kata kunci “Amprokan Blogger Hidupkan Suksesmu” berupa modem dari Indosat, Lomba menulis dari Klik-it dengan hadiah produk kabel extension dari Klik-it. Dan reward berupa uang tunai ke rekening dari Publisher.co.id.

Berkat seringnya tulisan saya dipublikasikan ke media berbagi milik Viva selain mendatangkan banyak pengunjung ke blog saya dan juga Viva, saya juga terpilih oleh pihak pengelola dengan mendapat penghargaan berupa modem, kartu perdana IM2 dan pulsa 750 ribu hanya dengan menulis pengalaman menggunakan produk Indosat.

Tanggal 8 September 2012 saya diundang oleh Blogger Bekasi untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-3 Blogger Bekasi. Saya tertarik mengikuti acara ini karena pembicaranya adalah seorang motivator kondang bernama Jamil Azzaini. Selain Jamil Azzaini hadir pula teman saya sewaktu Job Review Proton yakni Mas Irwin yang berbicara mengenai Nawala, dan Valencia M. R. founder Blood4life.

Pada kesempatan ini ada beberapa games dan lomba Live Twit yang diikuti oleh saya, murid saya dan rekan-rekan blogger lain juga bersaing dalam lomba ini. Dan lagi-lagi keberuntungan menghampiri saya dengan berhasil mendapatkan hadiah Tablet Advan 7 inci.

Selain ngeblog, blogger juga harus aktif di jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Sekarang banyak informasi lomba blog dan lomba-lomba lainnya berawal dari twitter. Saya juga aktif di jejaring sosial twitter dan bersyukur follower saya sudah mencapai 900 orang, sudah melebihi batas minimum yang ditentukan oleh IBN untuk mendapatkan Job Tweet yakni 500 follower.

Bulan September saya mendapat Job Tweet dari Idblognetwork untuk ngetwit salah satu produk minuman energi. Sehari tugas saya hanya ngetwit sebanyak dua kali. Baru tiga hari job tweet ternyata kuota sudah terpenuhi sehingga job tweet di hold atau dihentikan. Setelah dua bulan berlalu ternyata job tweet saya dihargai Rp.150.000,-/twit. Karena saya kebagian kerjaan twit selama tiga hari jadi saya mendapat bayaran Rp.900.000,-. Hasil kerja keras dari Ngeblog dan aktif di twitter.

Selain dapat tugas sebagai buzzer, saya juga mengikuti sering mengikuti kuis yang diadakan oleh beberapa situs. Salah satu kuis yang saya ikuti adalah kuis dari Detik.com, dan saya lagi-lagi beruntung mendapatkan sebuah handphone yang bisa dijadikan Hotspot. Sehingga bisa digunakan untuk beberapa gadget selain BlackBerry, Samsung Galaxy Tab dan Netbook.

Keajaiban Ngeblog yang sangat saya syukuri adalah ketika saya berhasil mendapat juara pertama Lomba Foto Blogging Jiwa Laki Berani Berkurban yang diadakan oleh Viva bekerjasama dengan Extra Joss. Hadiah lomba blog ini berbeda dengan lomba-lomba lainnya yang biasanya berhadiah gadget. Kali ini hadiahnya adalah seekor sapi yang digunakan untuk kurban di daerah yang saya deskripsikan dalam lomba foto blogging.

Berkat tulisan ini, masyarakat yang kurang mampu di desa Karangmulya bisa merasakan kemeriahan Idul Adha dengan makan daging sapi. Bagi warga desa Karangmulya menikmati daging sapi atau daging kambing hanya satu tahun sekali pada saat Idul Adha, selain hari itu biasanya mereka makan seadanya. Saya bersyukur dengan tulisan saya mereka akhirnya bisa makan dengan daging sapi.

Selain mendapat hadiah sapi untuk kurban, saya juga mendapatkan sebuah iPad 2 Wifi 32GB. Senangnya lagi hadiah ini langsung diterima dan disaksikan oleh isteri dan kedua putri saya, kedua orang tua saya, kepala desa dan masyarakat desa Karangmulya Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Penyerahan hadiah langsung diberikan oleh Perwakilan dari Extra joss Jakarta.

Sebelumnya saya ingin sekali berkurban tetapi apa daya saya hanya sebagai guru honorer yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi Allah punya rencana lain walaupun kita tidak punya dana yang cukup untuk berkurban ternyata Allah memberikan cara yang lain dengan jalan mendapat hadiah dari Lomba Foto Blogging.

Pada saat pemberian hadiah sapi kepada saya, kepala desa complain kepada pihak Extra joss karena sapi yang diterima tidak sesuai dengan hadiah yang sudah dikonfirmasi awal dari pihak Extra joss. Semula hadiah sapi yang akan diberikan kepada saya seharga 17 juta, tetapi yang datang seharga 12 jutaan. Menanggapi keluhan tersebut, pihak Extra joss complain lagi kepada pihak distributor sapi kurban seluruh Indonesia. Selang waktu seminggu dari penyerahan hadiah sapi, pihak Extra joss akhirnya memberikan hadiah lagi berupa 6 ekor kambing kepada saya.

Saya bersyukur karena dengan kambing ini saya bisa aqiqah untuk diri saya sendiri, adik saya, dan orang tua saya. Sekali lagi mungkin ini cara Allah memberikan rejeki dari cara yang tidak disangka-sangka. Allah mengabulkan doa saya untuk bisa berkurban dan aqiqah hanya dengan tulisan.

Selama tahun 2012 saya mengikuti berbagai lomba blog, ada beberapa diantaranya selain lomba berhadiah sapi, ada juga lomba yang nyantol dan mendapatkan hadiah berupa tablet Samsung Galaxy Tab 10,1 Inci dengan pulsa 750 ribu.

Di tahun 2013 saya kembali mengikuti berbagai lomba blog, ada 3 lomba blog yang nyangkut dan mendapatkan hadiah berupa smartphone Acer, Samsung Galaxy Chat dan voucerh 50 ribu, serta uang tunai 2 juta dari lomba blog lampu StarkLED.

Nah pada tahun 2014 saya baru berhasil menjuara lomba Liga Blogger Indonesia yang kedua dengan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 1 Juta rupiah, dan Samsung Galaxy Gear dari video contest yang diadakan oleh Indosat.  

Tahun berikutnya alhmadulillah saya mendapatkan banyak rejeki dari lomba blog. Ada 7 lomba yang nyangkut dengan hadiah berupa Smartphone Sony Xperia E1, Uang tunai dari Mistsubihsi, uang tunai dari lomba blog Honda bekerjasama dengan Detik, uang tunai 3 juta dari Samsung, dan Samsung Galaxy V.

Tahun 2016 ini saya baru menjadi pemenang lomba blog Laskar Gerhana Matahari 2016 yang mengantar saya diajak jalan-jalan ke Belitung bersama rekan-rekan lainnya secara gratis. Selain menambah teman juga menambah pengalaman bergabung dengan para fotografer ternama di acara ini.   

Sebenarnya masih banyak kebahagian yang saya dapatkan dari ngeblog. Saya menceritakan ini bukan bermaksud untuk riya atau pamer tetapi sekedar berbagi dan motivasi untuk blogger pemula. Bahwa dari ngeblog pun kita bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.  Itulah sedikit cerita dari awal mula saya ngeblog untuk murid-murid saya hingga sekarang. Mudah-mudahan bermanfaat.  


TAGS tips blog tips


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post