Terbang Sambil Belajar

22 Mar 2016

Saat berada di pesawat terbang

Beberapa waktu yang lalu, saya merasakan kembali naik pesawat terbang setelah beberapa waktu yang lalu pulang pergi dari Jakarta ke Bali. Perjalanan kali ini agak sedikit berbeda karena ada beberapa yang akan saya abadikan untuk kebutuhan dokumentasi sebagai oleh-oleh, salah satunya saat perjalanan terbang dari Jakarta ke Tanjung Pandang Belitung dengan menggunakan Sriwijaya Air.

Sebelum naik pesawat terbang, tentu seorang penumpang harus memesan tiket terlebih dahulu. Karena lokasinya jauh maka di zaman yang sudah modern ini hanya menggunakan tiket elektronik yang dikirim melalui e-mail untuk nantinya ditukar dengan tiket asli saat akan naik ke pesawat yang dituju.

Sebelum menukar tiket pesawat tentu harus melalui pemeriksaan barang dan orang. Sekedar mengingatkan bahwa untuk naik pesawat terbang penumpang dilarang membawa senjata api, senjata tajam, benda cair yang berbahaya, narkotika dan zat aditif yang dilarang secara hukum di Indonesia atau dunia.

Seorang penumpang pesawat yang menggunakan sabuk, jam tangan, handphone harus memasukkan benda-benda tersebut ke dalam pemeriksaan yang menggunakan x-ray. Untuk itu benda-benda tersebut harus dimasukkan ke dalam tempat yang sudah disediakan oleh pihak bandara.

Jika Anda sudah memesan tiket pesawat, diusahakan jangan sampai terlambat ke bandara karena pesawat tidak akan mentolelir penumpang yang terlambat dan tidak akan menunggunya biar pun itu seorang menteri atau pejabat tinggi sekali pun.

Setelah pemeriksaan x-ray dan mendapatkan tiket aslinya, kita akan menuju ke ruang tunggu di bandara. Hati-hati salah masuk ke tempat tunggu yang salah apalagi masuk ke pesawat yang berbeda yang tidak sesuai dengan pesawat yang kita pesan.

Jika petugas sudah mempersilakan masuk ke pesawat jangan lupa tiketnya dibawa. Jangan sampai ketinggalan apalagi hilang. Anda biasanya menggunakan garbarata atau tangga khusus untuk masuk ke pesawat.

Saat masuk ke pesawat jangan lupa sesuaikan tempat duduk Anda dengan nomor yang ada di tiket pesawat. Untuk Anda yang membawa barang yang tidak dimasukkan di bagasi pesawat, silakan simpan dulu barang-barang tersebut bagasi yang ada di atas kepala penumpang.

Sebelum pesawat berangkat, pramugara atau pramugari mengingatkan penumpangnya untuk mematikan handphonenya karena akan mengganggu sistem penerbangan sipil. Setelah pesawat take off atau berangkat, pramugari akan memperagakan penyelamatan saat terjadi keadaan darurat.

Berbagai panorama yang indah pun saya abadikan selama perjalanan mennggunakan pesawat tersebut. Mulai dari foto gedung dan rumah di sekitar bandara, sungai, laut, kapal hingga pulau-pulau kecil yang ada di perairan Laut Jawa.

Pemandangan yang indah lainnya adalah saat melihat gugusan awan, dari awan yang tipis, sedang, hingga yang tebal semuanya diabadikan dengan kamera. Hasil jepretan tersebut untuk oleh-oleh bahwa awan tersebut seperti kapas, buih atau busa.

Jika pesawat melintasi awan tersebut maka yang terasa adalah seperti naik mobil di jalanan yang bergelombang. Tetapi setelah melewati awan tersebut pesawat berjalan normal kembali dan kita bisa menyaksikan pemandangan yang indah.

Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Pertama, kita bisa belajar apa saja yang semestinya dibawa atau yang tidak perlu dibawa saat akan berangkat menggunakan pesawat terbang.

Kedua, Kita bisa belajar bagaimana tata cara dari menukar tiket, boarding hingga masuk pesawat agar nyaman dan aman selama dalam perjalanan.

Ketiga, kita bisa belajar bagaimana menyelamatkan diri saat dalam kondisi darurat apabila terjadi kecelakaan pesawat terbang karena diberi tahu oleh pramugari terlebih dahulu sebelum berangkat.

Keempat, Manusia itu sangat kecil saat melihat dari ketinggian tertentu. Manusia sangat kecil dihadapan Sang Pencipta, tidak ada yang perlu sombongkan atau dibanggakan dihadapan-Nya.

Maskapai Sriwijaya Air

Kelima, kita bisa menilai pelayanan petugas maskapai penerbangan. Apakah maskapai penerbangan tersebut pelayanannya baik, sedang atau mengecewakan.

Keenam, kita bisa melihat awan dari dekat. Awan inilah awal terjadinya hujan yang dapat menyuburkan tanah sehingga manusia bisa menanam berbagai tanaman yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Itulah beberapa hal yang bisa kita petik hikmahnya dari naik sebuah pesawat terbang komersial. Semoga yang belum naik pesawat bisa menikmati perjalanannya, sementara bagi yang sudah dan akan terbang lagi semoga selamat sampai dengan tujuan tanpa ada masalah. 


TAGS traveling travel


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post