Dengan Kata, Andrea Hirata Mampu Mengubah Dunia

17 Mar 2016

Andrea Hirata

Siapa sangka melalui untaian kata ternyata bisa mengubah dunia. Ini yang dialami langsung oleh masyarakat Belitung dan sekitarnya. Dulu Belitung itu daerah yang tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia apalagi dunia. Belitung hanya terkenal dengan tambah timah dan kaolinnya saja. Itu pun hanya sisa kerusakan alam akibat penambangan.

Tetapi berkat tulisan seorang Andrea Hirata dalam karyanya yang dibuat novel dan dibuat film dengan judul Laskar Pelangi, kota Belitung menjadi terkenal. Mereka berlomba-lomba untuk bisa mengunjungi keindahan alam terutama pulau dan pantainya yang eksotis yang tidak ditemui di daerah lain.

Berkat Andrea Hirata, Belitung menjadi dikenal tidak hanya oleh orang Indonesia, tetapi juga dunia. Itu sekelumit ungkapan kata-kata dari beberapa orang Belitung yang merasakan sendiri manfaat dari film Laskar Pelangi yang diputar pada tahun 2008 lalu.

Prasasti Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi

Apalagi pada saat tanggal 9 Maret 2016 lalu yang bertepatan dengan Gerhana Matahari Total. Belitung adalah salah satu daerah di Indonesia yang dilintasi oleh Gerhana Matahari Total. Banyak sekali wisatawan yang datang ke Belitung untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total di Belitung.

Novel Laskar Pelangi yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005 dengan tokohnya A Kiong, Ikal, Lintang, Syahdan, Trapani, Mahar, Sahara, Harun, Borek, dan Kucai tersebut mengambil seting di daerah Belitung. Seperti pantainya di Tanjung Tinggi, SD Muhammadiyah di Gantong, Vihara dan tempat lain yang ada di Belitung.

Kini Belitung menjelma sebagai tujuan favorit wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menikmati berbagai keindahan alamnya. Pantainya yang berpasir putih, batu-batu besar yang mengandung granit, menyaksikan keindahan danau-danau bekas penambangan kaolin dan timah, serta menikmati suasana matahari terbit dan terbenam. 

Belitung bisa ditiru dalam pengelolaan pariwisata di Indonesia, seperti keamanan dan kenyamanan saat wisatawan tinggal di daerah tersebut. Sebagai contohnya saya dibuat kaget ketika ada salah satu sepeda motor yang kunci motornya masih menggantung di motor tetapi tidak ada orang yang mengambilnya. Menurut penuturan salah seorang supir yang kami tumpangi, disini aman mas biarpun kunci motor menggantung atau motornya lupa dimasukan ke dalam rumah pada malam hari, maka tidak akan ada yang mengambil, ungkapnya. 

Selain itu pada saat kami akan meninggalkan hotel, beberapa barang dari rekan-rekan yang pulang lebih awal dan barang-barangnya ketinggalan di kamar hotel, petugas hotel langsung tanggap dan menyerahkan semua barang temuannya kepada kami untuk diberikan kepada pemiliknya. Walaupun ini merupakan standar dan prosedur pihak hotel tetapi kita mengapresiasi petugas hotel yang notabenenya adalah warga sekitar Belitung memiliki kejujuran yang tinggi.

Kelebihan lain dari Belitung adalah tidak ada tempat wisata khususnya pantai yang memungut biaya atau tiket masuk untuk melihat keindahan pantainya. Selain itu parkir sepeda motor dan mobil pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Replika SD Muhammadiyah Gantong

Bahkan yang menariknya lagi adalah keberadaan SD Muhammadiyah Gantong yang ada di dalam film Laskar Pelangi semula dibuat hanya untuk proses pembuatan film saja, tetapi setelah bangunan dirobohkan oleh kru film, ramai-ramai masyarakat sekitar meminta kepada Andrea Hirata untuk membuatkan replika SD muhammadiyah Gantong untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerahnya. Akhirnya Andrea Hirata setuju dan membuat replika SD Muhammadiyah Gantong pada tahun 2010 yang lalu.

Sedemikian berpengaruhnya tulisan Andrea Hirata maka tidak heran semua instansi pemerintah dan masyarakat di Belitung menghormati dan berterima kasih sekali kepada dia. Berkat tulisannya,  Belitung menjadi daerah yang dikenal di Indonesia dan dunia. Belitung sebuah tujuan wisata yang sangat diandalkan oleh pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat.  Salut untuk Andrea Hirata semoga semakin banyak penulis-penulis yang bisa mengubah daerahnya dalam hal yang positif. 


TAGS Wisata Belitung Laskar Gerhana detikcom


-

Author

Blogger & Traveler

Search

Recent Post